Lebih dari 100 Kilometer Jalan di Banjarnegara Rusak, Terbanyak di Daerah Pegunungan

SERAYUNEWS- Lebih dari 100 kilometer jalan di Kabupaten Banjarnegara, mengalami kerusakan.

Kepala DPUPR Kabupaten Banjarnegara, Yusuf Winarso melalui Kabid Bina Marga, Hermawan Tutut mengatakan, berdasarkan data total panjang ruas jalan Kabupaten Banjarnegara mencapai 938,65 Kilometer.

“Itu terbagi menjadi 251 ruas jalan, 712,48 kilometer dalam kondisi baik, 124,17 kilometer rusak sedang, dan 102 Kilometer rusak,” katanya.

Kategori jalan rusak itu, terbagi menjadi rusak ringan sepanjang 29,58 kilometer dan rusak berat sepanjang 72,42 kilometer.

umlah kerusakan jalan tersebut, 50 persen berada di wilayah pegunungan utara yang memang kondisi geografisnya rawan pergerakan tanah.

Perubahan cuaca dan pemanfaatan yang tidak sesuai dengan tonase, membuat jalanan di Banjarnegara menjadi rusak.

“Kepedulian masyarakat juga kurang,” kata dia.

Imam Abdullah Sidik, warga Desa Danakerta Kecamatan Punggelan mengatakan, selain faktor alam, kerusakan jalan juga terjadi karena perawatan yang kurang maksimal.

“Kesadaran masyarakat untuk ikut merawat jalan yang sudah dibangun pemerintah, memang masih kurang,” katanya.

Jangankan ikut merawat, tak sedikit warga yang aji mumpung mengangkut muatan tanpa memperhitungkan tonase. Kalau sudah rusak, tak sedikit yang hanya bisa menyalahkan pemerintah.

“Idealnya dirawat seperti jalan desa, ada kerja bakti bersih-bersih drainase dan lainnya. Kalau semua masyarakat ikut peduli, jalan bagusnya bisa berusia lebih lama,” katanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.